MODEL SILABUS
Tema : LINGKUNGAN
Kelas/Semester : II / II
Waktu : 6 Minggu
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
|
Bentuk
|
Jenis
|
||||||
1
|
2
|
3
|
5
|
4
|
6
|
7
|
8
|
1
|
Mengidentifikasi
kenampakan matahari pada pagi,siang, dan sore hari (IPA).
|
Pengaruh
sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi
|
·
Merasakan hangatnya sinar matahari di pagi hari, siang hari serta sore
hari di lingkungan sekitar.
|
·
Menceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan
sore hari)
·
Membedakan panas yang dipancarkan matahari pada waktu pagi, siang dan
sore hari.
|
Test kinerja
|
Individu
|
Matahari
|
·
Percobaan sederhana untuk membuktikan bayang-bayang
yang dibentuk dari posisi kedudukan matahari
|
·
Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan
matahari dengan bayang-bayang yang terbentuk.
|
Test kinerja
|
Individu
|
Matahari
|
|||
2
|
Mengenal nilai kejujuran, kedisi-plinan, dan senang
bekerja dalam kehidupan sehari-hari (PKn).
|
Nilai-nilai Pancasila.
|
· Bertanya
jawab tentang ciri-ciri jujur, disiplin, senang belajar di lingkungan rumah ,
sekolah dan masyarakat
|
·
Menyebutkan ciri-ciri kejujuran, kedisipinan dan
senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari
|
Test tulis
|
Kelompok
|
Buku Paket
LKS
|
· Mendengarkan
cerita tentang sikap jujur, disiplin, dan senang bekerja di rumah, sekolah,
dan masyarakat
·
Menjelaskan pengertian jujur, disiplin, dan senang bekerja
|
·
Menjelaskan pengertian jujur, disiplin, dan senang bekerja.
|
Test tulis
|
Individu
|
Buku Paket
|
|||
·
Mengamati gambar tentang kegiatan di pagi hari (kegiatan
bangun sampai berangkat sekolah
·
Menjelaskan sikap disiplin sesuai dengan tugasnya
|
·
Menjelaskan pengertian disiplin sesuai dengan
tugasnya.
|
Test tulis
|
Individu
|
Buku Paket
|
|||
3
|
Menceritakan pengalamannya dalam melak-sanakan peran
dalam anggota keluarga. (IPS)
|
Kedudukan dan peran anggota
keluarga
|
· Mengamati
gambar tentang kegiatan di pagi hari di lingkungan rumah (kegiatan bangun tidur- berangkat
sekolah)
|
·
Menyebutkan hak dan kewajiban orang tua dan anak.
|
Test tulis
|
Individu
|
Buku Paket
|
·
Menulis kegiatan anggota keluarga
·
Mengelompokkan kegiatan anggota keluarga yang termasuk hak dan
kewajiban
|
·
Menyebutkan hak dan kewajiban anggota keluarga lainnya di rumah.
|
Tes Tulis
|
Individu
|
Angket hak dan
kewajiban anggota keluarga
|
|||
· Menyebutkan
akibat jika anak tidak melaksanakan kewajibannya baik di rumah atau di
sekolah
|
·
Menceritakan akibat jika anak tidak melaksanakan
kewajibannya di rumah.
|
Test tulis
|
Individu
|
Buku Paket
|
|||
·
Menyebutkan akibat jika hak anak di sepelekan/ tidak diperhatikan
|
·
Menceritakan akibat jika hak anak diabaikan.
|
Test tulis
|
Individu
|
Buku Paket
|
|||
4
|
Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada
orang lain. (BI:
Mendengar)
|
Pesan pendek dalam dongeng
|
· Mendengarkan
pesan yang diperoleh dari guru tentang tugas siswa di lingkungan sekolah
· Menulis pesan sesuai yang didengar
|
·
Menuliskan beberapa pesan kedalam beberapa kalimat.
|
Test tulis
|
Individu
|
Teks dongeng
|
· Menyampaikan pesan secara lisan
sesuai yang didengar kepada orang lain dengan bahasa sendiri
|
·
Menyampaikan pesan secar lisan kepada orang lain.
|
Test tulis
|
Individu
|
Teks dongeng
|
|||
Menceritakan kembali cerita anak yang di dengarkan
dengan meng-gunakan kata-kata sendiri (BI: Berbicara)
|
Cerita anak
|
·
Mendengarkan cerita anak di lingkungan sekitar
·
Menceriterakan kembali cerita anak tentang lingkungan sekitar yang
didengar dengan kata-kata sendiri
|
· Menceritakan kembali cerita anak
yang didengar dengan kata-kata sendiri.
|
Test lisan
|
Individu
|
Buku Cerita
Anak
|
|
·
Menulis kembali cerita yang didengar dengan kalimat
yang mudah dipahami
|
·
Menuliskan kembali cerita yang didengar dengan
kalimat yang mudah dipahami.
|
Tes tulis
|
Individu
|
Buku Cerita
Anak
|
|||
Membaca isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang
dibaca dalam hati. (BI:
Membaca)
|
Teks bacaan kalimat pendek
|
· Membaca teks tentang lingkungan sekitar di dalam hati
|
·
Mencatat teks agak panjang
dalam hati.
·
Menulis teks yang dibaca
dalam hati.
|
Tes tulis
|
Individu
|
Buku Paket
|
|
·
Menulis dengan tegak bersambung teks yang dibaca dalam hati dengan
kata-katanya sendiri
|
·
Menceritakan kembali isi bacaan dengan kata-kata
sendiri.
|
Tes tulis
|
Individu
|
Buku Paket
|
|||
Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang
rapi (BI: Menulis).
|
Menulis tegak bersambung
|
·
Menulis kembali puisi anak tentang lingkungan
sekitar dengan huruf tegak bersambung
|
·
Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersamgung
yang rapi.
|
Tes tulis
|
Individu
|
Buku Paket
|
|
5
|
Melakukan
operasi hitung campur (Matematika).
|
Operasi hitung bilangan
|
· Mengelompokkan
benda-benda sejenis yang ada di lingkungan sekitar (alat tulis, alat rumah
dll)
· Menjumlahkan
berulang dua-dua, tiga-tiga dst.
· Menghitung
beberapa kali menjumlah berulang
|
· Menggunakan operasi hitung campuran
yang mengandung penjumlahan,pengurangan,perkalian dan pembagian.
|
Test tulis
|
Individu
|
Buku Paket
|
·
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian secara kelompok
|
·
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
penjumlahan, pengurangan, perkaian dan pembagian.
|
Test tulis
|
Individu
|
Buku Paket
LKS
|
|||
6
|
Mengidentifikasi unsur
rupa pada karya seni rupa. (Senbudker: S Rupa)
|
Unsur-unsur seni rupa
|
·
Menggambar benda-benda dilingkungan sekitar dari
unsure titik
· Menggambar benda-benda di
lingkungan sekitar dari unsure garis
·
Menggambar benda-benda di lingkungan sekitar dari
unsur bidang
|
· Menyebutkan unsur rupa pada karya
seni rupa, misal : titik,garis, bidang
|
Produk
Test kinerja
|
Individu
|
Buku Panduan
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa (Senbudker: S Rupa).
|
Unsur-unsur seni rupa
|
· Mengamati
hasil karya seni rupa tentang gambar lingkungan
|
·
Mengelompokkan berbagai unsur rupa pada karya seni
rupa
|
Test kinerja
|
Individu
|
Hasil lukisan
|
|
· Mengomentari
hasil karya seni rupa tentang lingkungan
·
Menggambar bebas tentang lingkungan
|
·
Mengomentari unsur rupa pada karya seni rupa.
|
Test kinerja
|
Individu
|
Hasil lukisan
|
|||
Mengidentifikasi
gerak alam semesta (Senbudker: S Tari)
|
Gerak tari alam semesta
|
· Mengamati
tingkah laku hewan yang ada di sekitar kita
·
Melakukan gerak hewan sesuai yang diamati
|
· Memeragakan berbagai gerakan hewan
|
Test kinerja
|
Individu
|
Buku Panduan
Modeling
|
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhdap gerak alam semesta
(Senbudker: S Tari).
|
·
Mengamati
berbagai gerak alam semesta
·
Melakukan
gerak tari yang sesuai yang diamati
|
·
Memeragakan gerakan alam semesta dalam satu
kesatuan gerakan tari.
|
Test kinerja
|
Individu
|
Buku Panduan
Modeling
|
||
7
|
Mempraktikkan berbagai aktifitas
fisik di lingkungan sekolah dan nilai kebersihan,kesehatan dan keselamatan
(Penjasorkes).
|
Menjaga kesehatan gigi
|
·
Mempraktikkan cara menggosok gigi yang benar
|
· Praktik menggosok gigi yang benar.
|
Test kinerja
|
Individu
|
Buku Panduan
Modeling
|
·
Mempraktikkan cara menjaga kesehatan telinga dan
hidung yang benar
|
· Memeragakan cara menjaga kesehatan
telinga dan hidung.
|
Test kinerja
|
Individu
|
Buku Panduan
Modeling
|
|||
·
Mendiskusikan tentang hal-hal yang yang dapat
merusak kesehatan telinga dan hidung
·
Menyebutkan hal-hal yang dapat merusak kesehatan
telinga dan hidung
|
·
Mengenal beberapa hal yang dapat merusak kesehatan
telinga dan hidung.
|
Tes tulis
|
Kelompok
|
Buku Panduan
|
|||
Mengikuti rambu-rambu perjalanan di lingkungan sekolah
secara beregu dan memperhatikan faktor keselamatan,kerjasama dan disiplin
(Penjasorkes).
|
Rambu-rambu lalu lintas
|
·
Sosiodrama tentang kegiatan mematuhi rambu-rambu lalulintas
|
·
Mengenal rambu-rambu lalu lintas di lingkungan
sekolah.
·
Mengenal akibat jika melanggar rambu lalu lintas
|
Test kinerja
performance
|
Individu
Kelompok
|
Peraga
rambu-rambu lalulintas
LKS
|
|
·
Berdiskusi/bertanya jawab tentang akibat jika
melanggar rambu lalulintas
|
·
Mengenal akibat jika melanggar rambu lalu lintas.
|
Performance
|
Kelompok
|
LKS
|
|||
Membiasakan menggunakan pakaian dan sepatu yang sesuai
(Penjasorkes).
|
Cara berpakaian dan beralas kaki
|
·
Mempraktikkan cara dan tempat mengenakan pakaian dengan tepat
·
Mempraktikkan cara dan tempat menggunakan alas kaki
yang benar
|
·
Mengenal cara dan tempat menggunakan pakaian dan alas kaki yang benar.
|
Tes kinerja
|
Individu
|
Buku Panduan
|
|
8
|
Melafalkan surat al-Qadr,
al-Ma’un, al-Kafirun, al-Fil, dan surat
al-‘Ashr secara benar dan fasih
(QH)
|
·
surat al-Kafirun,
|
·
Mendengar
kemudian menirukan contoh pelafalan surat al-Kafirun dari guru / CD Player
·
Melafalkan
surat al-Kafirun tiap ayat secara bersama
dibimbing guru
·
Melafalkan
surat al-Kafirun secara bergilir dengan
berkelompok
|
·
Melafalkan al-Kafirun tiap ayat
·
Melafalkan surat al-Kafirun secara acak
· Melafalkan surat al-Kafirun secara benar dan fasih
|
Jenis Tes
Lisan
Bentuk Instrumen
Unjuk
Kemam-puan
|
Individu
|
Buku paket
Buku yang relevan
Juz ‘Amma
Kartu ayat surat al-Kafirun
Lafal surat
al-Kafirun
|
Menghafalkan surat al-Qadr,
al-Ma’un, al-Kafirun, al-Fil, dan surat
al-‘Ashr secara benar dan fasih
|
·
Surat
al-Kafirun
|
·
Membaca berulang-ulang surat al-Kafirun tiap-tiap ayat
·
Menghafalkan surat al-Kafirun tiap ayat secara berulang-ulang
·
Hafalan surat al-Kafirun secara berkelompok dan
bergantian saling menyimak
|
·
Menghafal surat al-Kafirun sesuai urutan ayat
·
Menghafal surat al-Kafirun
secara acak
·
Menghafal surat al-Kafirun secara menyeluruh dengan benar dan fasih
|
Jenis Tes
Lisan
Bentuk Instrumen
Unjuk
Kemam-puan
|
Individu
|
Buku paket
Buku yang relevan
Juz ‘Amma
Kartu ayat surat al-Kafirun
Lafal surat
al-Kafirun
|
|
9
|
Melafalkan
dzikir setelah shalat fardhu
(Fiqih)
|
Bacaan dzikir
|
· Bersama-sama membaca dzikir dan do‘a
|
·
Melafalkan
bacaan dzikir
·
Menyebutkan bacaan dzikir ba’da shalat
·
Mempraktekkan
bacaan dzikir
|
Unjuk kerja
|
Individu
|
Buku paket fiqih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
|
10
|
Membiasakan bersifat jujur, rajin dan percaya
diri.
|
Pengertian sifat jujur, rajin dan percaya diri
Ciri-ciri orang yang memiliki
sifat Jujur, rajin dan Percaya diri
keuntungan memiliki sifat jujur, rajin dan Percaya diri bagi dirinya
maupun orang lain
Akibat tidak memiliki sifat Jujur, rajin dan Percaya diri
|
·
Mengamati
pemodelan dari sikap Jujur, rajin dan Percaya diri
·
Bertanya
jawab tentang arti Jujur, rajin dan Percaya diri
·
Mendata
perbuatan yang termasuk sikap Syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
·
Menunjukkan
sikap Jujur, rajin dan Percaya diri baik kepada diri sendiri maupun orang
lain
·
Bermain
dengan TTS
·
Mengamati
pemodelan tentang cirri-ciri orang
yang memiliki sifat Jujur, rajin dan Percaya diri
·
Kerja
berpasangan tentang cirri-ciri orang
yang memiliki sifat Jujur,
rajin dan Percaya diri
·
Kerja
berpasangan tentang keuntungan
·
memiliki sifat Jujur, rajin dan Percaya diri
bagi dirinya dan orang lain
·
Presentasi
hasil kerja
§ Kerja berpasangan tentang akibat tidak
memiliki sifat Jujur, rajin dan Percaya diri bagi dirinya maupun orang lain
§ Presentasi hasil kerja
§ Praktek bersikap Jujur, rajin dan
Percaya diri dirumah, sekolah dan di masyarakat
§ Mengerjakan LKS
|
·
Menjelaskan
pengertian jujur, rajin dan percaya diri
·
Menyebutkan
contoh sifat Jujur, rajin dan percaya diri
·
Menyebutkan
cirri-ciri orang yang memiliki sifat
jujur, rajin dan percaya diri
·
Menjelaskan
keuntungan memiliki sifat jujur, rajin dan percaya diri bagi dirinya maupun
orang lain
·
Menjelaskan
akibat tidak memiliki sifat
Jujur, rajin dan Percaya
diri
·
Menunjukkan
sikap jujur, rajin dan percaya diri
|
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
Individu
|
Buku paket
Pengalaman siswa
Pemodelan
TTS
LKS
|
Membiasakan berakhlak baik ketika belajar,
me-ngaji, dan bermain da-lam kehi-dupan sehari-hari
|
Adab ketika belajar dan mengaji
Do’a ketika akan belajar dan mengaji
Do’a ketika selesai belajar dan mengaji
Adab ketika bermain
Manfaat berdab secara Islami ketika Belajar,
mengaji, dan bermain
Akibat tidak beradab secaa Islami ketika
Belajar, mengaji, dan bermain
|
·
Berbagi
pengalaman ketika belajar dan mengaji
·
Mengamati
pemodelan adab ketika belajar dan mengaji
·
Kerja
berpasangan tentang adab belajar dan mengaji
·
Menghafal
do’a ketika akan belajar dan mengaji
·
Menghafal
do’a ketika selesai belajar dan mengaji
·
Bermain
dengan TTS
·
Berbagi
pengalaman ketika bermain
·
Mengamati
pemodelan adab ketika bermain
·
Kerja
berpasangan tentang adab ketika bermain
·
Bermain
dengan TTS
·
Menjelaskan
manfaat berakhlak baik ketika belajar, mengaji, dan bermain melalui diskusi
kelompok
·
Mengerjakan
LKS
·
Membahas
akibat tidak berakhlak baik
·
·
ketika
belajar, mengaji, dan bermain melalui diskusi kelompok
§ Mengerjakan LKS
|
·
Menyebutkan
adab ketika belajar dan mengaji
·
Menyebutkan
adab ketika bermain
·
Menyebutkan
do’a sebelum mengaji dan belajar
·
Menyebutkan
do’a setelah mengaji dan belajar
·
Menjelaskan
manfaat berdab secara Islami ketika Belajar, mengaji, dan bermain
·
Menjelaskan
akibat tidak beradab secaa Islami ketika Belajar, mengaji, dan bermain
|
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
Individu
|
Buku paket
Pengalaman siswa
Pemodelan
TTS
LKS
|
.........
, …………………
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah
_________________ _______________________
NIP. NIP
0 komentar:
Posting Komentar