Pages

Minggu, 01 Juli 2012

SILABUS TEMATIK


MODEL SILABUS
Tema                            : LINGKUNGAN 
Kelas/Semester            : II / II
Waktu                          : 6   Minggu                 
                                                                                               
No
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Sumber
Belajar
Bentuk
Jenis
1
2
3
5
4
6
7
8
1
Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi,siang, dan sore hari (IPA).
Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi
·     Merasakan hangatnya sinar matahari di pagi hari, siang hari serta sore hari di lingkungan sekitar.
·        Menceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari)
·        Membedakan panas yang dipancarkan matahari pada waktu pagi, siang dan sore hari.
Test kinerja
Individu
Matahari
·     Percobaan sederhana untuk membuktikan bayang-bayang yang dibentuk dari posisi kedudukan matahari
·        Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan bayang-bayang yang terbentuk.
Test kinerja
Individu
Matahari
2
Mengenal nilai kejujuran, kedisi-plinan, dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari (PKn).
Nilai-nilai Pancasila.
·     Bertanya jawab tentang ciri-ciri jujur, disiplin, senang belajar di lingkungan rumah , sekolah dan masyarakat
·        Menyebutkan ciri-ciri kejujuran, kedisipinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari
Test tulis
Kelompok
Buku Paket
LKS
·     Mendengarkan cerita tentang sikap jujur, disiplin, dan senang bekerja di rumah, sekolah, dan masyarakat
·     Menjelaskan pengertian jujur, disiplin, dan senang bekerja
·        Menjelaskan pengertian jujur, disiplin, dan senang bekerja.
Test tulis
Individu
Buku Paket
·     Mengamati gambar tentang kegiatan di pagi hari (kegiatan bangun sampai berangkat sekolah
·     Menjelaskan sikap disiplin sesuai dengan tugasnya
·        Menjelaskan pengertian disiplin sesuai dengan tugasnya.
Test tulis
Individu
Buku Paket
3
Menceritakan pengalamannya dalam melak-sanakan peran dalam anggota keluarga. (IPS)
Kedudukan dan peran anggota keluarga
·     Mengamati gambar tentang kegiatan di pagi hari di lingkungan rumah      (kegiatan bangun tidur- berangkat sekolah)
·        Menyebutkan hak dan kewajiban orang tua dan anak.
Test tulis
Individu
Buku Paket
·     Menulis kegiatan anggota keluarga
·     Mengelompokkan kegiatan anggota keluarga yang termasuk hak dan kewajiban
·        Menyebutkan hak dan kewajiban anggota keluarga lainnya di rumah.
Tes Tulis
Individu
Angket hak dan kewajiban anggota keluarga
·     Menyebutkan akibat jika anak tidak melaksanakan kewajibannya baik di rumah atau di sekolah
·        Menceritakan akibat jika anak tidak melaksanakan kewajibannya di rumah.
Test tulis
Individu
Buku Paket
·     Menyebutkan akibat jika hak anak di sepelekan/ tidak diperhatikan
·        Menceritakan akibat jika hak anak diabaikan.
Test tulis
Individu
Buku Paket
4
Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain. (BI: Mendengar)
Pesan pendek dalam dongeng
·     Mendengarkan pesan yang diperoleh dari guru tentang tugas siswa di lingkungan sekolah

·     Menulis pesan sesuai yang didengar

·        Menuliskan beberapa pesan kedalam beberapa kalimat.
Test tulis
Individu
Teks dongeng


·     Menyampaikan pesan secara lisan sesuai yang didengar kepada orang lain dengan bahasa sendiri
·        Menyampaikan pesan secar lisan kepada orang lain.
Test tulis
Individu
Teks dongeng
Menceritakan kembali cerita anak yang di dengarkan dengan meng-gunakan kata-kata sendiri (BI: Berbicara)
Cerita anak
·     Mendengarkan cerita anak di lingkungan sekitar
·     Menceriterakan kembali cerita anak tentang lingkungan sekitar yang didengar dengan kata-kata sendiri
·     Menceritakan kembali cerita anak yang didengar dengan kata-kata sendiri.
Test lisan
Individu
Buku Cerita Anak
·     Menulis kembali cerita yang didengar dengan kalimat yang mudah dipahami
·     Menuliskan kembali cerita yang didengar dengan kalimat yang mudah dipahami.
Tes tulis
Individu
Buku Cerita Anak
Membaca isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati. (BI: Membaca)
Teks bacaan kalimat pendek
·     Membaca teks tentang lingkungan sekitar di dalam hati
·     Mencatat teks agak panjang dalam hati.
·        Menulis teks yang dibaca dalam hati.
Tes tulis
Individu
Buku Paket
·     Menulis dengan tegak bersambung teks yang dibaca dalam hati dengan kata-katanya sendiri
·     Menceritakan kembali isi bacaan dengan kata-kata sendiri.
Tes tulis
Individu
Buku Paket
Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi (BI: Menulis).
Menulis tegak bersambung
·     Menulis kembali puisi anak tentang lingkungan sekitar dengan huruf tegak bersambung
·        Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersamgung yang rapi.
Tes tulis
Individu
Buku Paket
5
Melakukan operasi hitung campur (Matematika).
Operasi hitung bilangan
·     Mengelompokkan benda-benda sejenis yang ada di lingkungan sekitar (alat tulis, alat rumah dll)
·     Menjumlahkan berulang dua-dua, tiga-tiga dst.
·     Menghitung beberapa kali menjumlah berulang
·     Menggunakan operasi hitung campuran yang mengandung penjumlahan,pengurangan,perkalian dan pembagian.

Test tulis
Individu
Buku Paket
·     Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian secara kelompok
·        Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkaian dan pembagian.
Test tulis
Individu
Buku Paket
LKS
6
Mengidentifikasi unsur rupa pada karya seni rupa. (Senbudker: S Rupa)
Unsur-unsur seni rupa
·     Menggambar benda-benda dilingkungan sekitar dari unsure titik
·     Menggambar benda-benda di lingkungan sekitar dari unsure garis
·     Menggambar benda-benda di lingkungan sekitar dari unsur bidang
·     Menyebutkan unsur rupa pada karya seni rupa, misal : titik,garis, bidang
Produk
Test kinerja
Individu
Buku Panduan
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa (Senbudker: S Rupa).
Unsur-unsur seni rupa
·     Mengamati hasil karya seni rupa tentang gambar lingkungan
·     Mengelompokkan berbagai unsur rupa pada karya seni rupa
Test kinerja
Individu
Hasil lukisan
·     Mengomentari hasil karya seni rupa tentang lingkungan
·     Menggambar bebas tentang lingkungan
·     Mengomentari unsur rupa pada karya seni rupa.
Test kinerja
Individu
Hasil lukisan
Mengidentifikasi gerak alam semesta (Senbudker: S Tari)
Gerak tari alam semesta
·     Mengamati tingkah laku hewan yang ada di sekitar kita
·     Melakukan gerak hewan sesuai yang diamati
·     Memeragakan berbagai gerakan hewan
Test kinerja
Individu
Buku Panduan
Modeling
Menunjukkan sikap apresiatif terhdap gerak alam semesta (Senbudker: S Tari).
·        Mengamati berbagai gerak alam semesta
·        Melakukan gerak tari yang sesuai yang diamati
·        Memeragakan gerakan alam semesta dalam satu kesatuan gerakan tari.
Test kinerja
Individu
Buku Panduan
Modeling
7
Mempraktikkan berbagai aktifitas fisik di lingkungan sekolah dan nilai kebersihan,kesehatan dan keselamatan (Penjasorkes).
Menjaga kesehatan gigi
·        Mempraktikkan cara menggosok gigi yang benar

·     Praktik menggosok gigi yang benar.
Test kinerja
Individu
Buku Panduan
Modeling
·        Mempraktikkan cara menjaga kesehatan telinga dan hidung yang benar
·     Memeragakan cara menjaga kesehatan telinga dan hidung.
Test kinerja
Individu
Buku Panduan
Modeling
·        Mendiskusikan tentang hal-hal yang yang dapat merusak kesehatan telinga dan hidung
·        Menyebutkan hal-hal yang dapat merusak kesehatan telinga dan hidung
·     Mengenal beberapa hal yang dapat merusak kesehatan telinga dan hidung.
Tes tulis
Kelompok
Buku Panduan
Mengikuti rambu-rambu perjalanan di lingkungan sekolah secara beregu dan memperhatikan faktor keselamatan,kerjasama dan disiplin (Penjasorkes).
Rambu-rambu lalu lintas

·        Sosiodrama tentang kegiatan mematuhi rambu-rambu lalulintas

·     Mengenal rambu-rambu lalu lintas di lingkungan sekolah.
·     Mengenal akibat jika melanggar rambu lalu lintas
Test kinerja

performance
Individu


Kelompok
Peraga rambu-rambu lalulintas
LKS

·        Berdiskusi/bertanya jawab tentang akibat jika melanggar rambu lalulintas

·     Mengenal akibat jika melanggar rambu lalu lintas.
Performance
Kelompok
LKS
Membiasakan menggunakan pakaian dan sepatu yang sesuai (Penjasorkes).
Cara berpakaian dan beralas kaki

·      Mempraktikkan cara dan tempat mengenakan pakaian dengan tepat
·      Mempraktikkan cara dan tempat menggunakan alas kaki yang benar
·        Mengenal cara dan tempat menggunakan pakaian dan alas kaki yang benar.
Tes kinerja
Individu
Buku Panduan
8
Melafalkan surat  al-Qadr, al-Ma’un, al-Kafirun, al-Fil, dan surat al-‘Ashr secara benar dan fasih
 (QH)

·        surat al-Kafirun,
·        Mendengar kemudian menirukan contoh pelafalan surat al-Kafirun dari guru / CD Player
·        Melafalkan surat al-Kafirun tiap ayat secara bersama dibimbing guru
·        Melafalkan surat al-Kafirun secara bergilir dengan berkelompok
·        Melafalkan al-Kafirun tiap ayat
·        Melafalkan surat al-Kafirun secara acak
·       Melafalkan surat al-Kafirun secara benar dan fasih

Jenis Tes
Lisan

Bentuk Instrumen
Unjuk Kemam-puan
Individu
Buku paket
Buku yang relevan
Juz ‘Amma
Kartu ayat surat al-Kafirun
Lafal surat al-Kafirun

Menghafalkan surat  al-Qadr, al-Ma’un, al-Kafirun, al-Fil, dan surat al-‘Ashr secara benar dan fasih
·        Surat al-Kafirun
·        Membaca berulang-ulang surat al-Kafirun tiap-tiap ayat
·        Menghafalkan surat al-Kafirun tiap ayat secara berulang-ulang
·        Hafalan surat al-Kafirun secara berkelompok dan bergantian saling menyimak
·           Menghafal surat al-Kafirun sesuai urutan ayat
·           Menghafal surat al-Kafirun secara acak
·           Menghafal surat al-Kafirun secara menyeluruh dengan benar dan fasih
Jenis Tes
Lisan

Bentuk Instrumen
Unjuk Kemam-puan
Individu
Buku paket
Buku yang relevan
Juz ‘Amma
Kartu ayat surat al-Kafirun
Lafal surat al-Kafirun  





9
Melafalkan dzikir setelah shalat fardhu
(Fiqih)
Bacaan dzikir
·     Bersama-sama membaca dzikir dan do‘a

·           Melafalkan bacaan dzikir
·           Menyebutkan  bacaan dzikir ba’da shalat 
·           Mempraktekkan bacaan dzikir
Unjuk kerja
Individu
Buku paket fiqih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain





10
Membiasakan bersifat jujur, rajin dan percaya diri.
Pengertian sifat jujur, rajin dan percaya diri
Ciri-ciri  orang yang memiliki sifat Jujur, rajin dan Percaya diri
keuntungan memiliki sifat jujur, rajin dan Percaya diri bagi dirinya maupun orang lain
Akibat tidak memiliki sifat Jujur, rajin dan Percaya diri

·     Mengamati pemodelan dari sikap Jujur, rajin dan Percaya diri
·     Bertanya jawab tentang arti Jujur, rajin dan Percaya diri
·     Mendata perbuatan yang termasuk sikap Syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
·     Menunjukkan sikap Jujur, rajin dan Percaya diri baik kepada diri sendiri maupun orang lain
·     Bermain dengan TTS
·     Mengamati pemodelan tentang cirri-ciri  orang yang memiliki sifat Jujur, rajin dan Percaya diri
·     Kerja berpasangan tentang cirri-ciri  orang yang memiliki sifat Jujur, rajin dan Percaya diri
·     Kerja berpasangan tentang keuntungan
·      memiliki sifat Jujur, rajin dan Percaya diri bagi dirinya dan orang lain
·     Presentasi hasil kerja
§     Kerja berpasangan tentang akibat tidak memiliki sifat Jujur, rajin dan Percaya diri bagi dirinya maupun orang lain
§     Presentasi hasil kerja
§     Praktek bersikap Jujur, rajin dan Percaya diri dirumah, sekolah dan di masyarakat
§     Mengerjakan LKS
·           Menjelaskan pengertian jujur, rajin dan percaya diri
·           Menyebutkan contoh sifat Jujur, rajin dan percaya diri
·           Menyebutkan cirri-ciri  orang yang memiliki sifat jujur, rajin dan percaya diri
·           Menjelaskan keuntungan memiliki sifat jujur, rajin dan percaya diri bagi dirinya maupun orang lain
·           Menjelaskan akibat tidak memiliki sifat Jujur, rajin dan Percaya diri
·           Menunjukkan sikap jujur, rajin dan percaya diri









Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance
Individu
Buku paket
Pengalaman siswa
Pemodelan
TTS
LKS

Membiasakan berakhlak baik ketika belajar, me-ngaji, dan bermain da-lam kehi-dupan sehari-hari
Adab ketika belajar dan mengaji
Do’a ketika akan belajar dan mengaji
Do’a ketika selesai belajar dan mengaji
Adab ketika bermain
Manfaat berdab secara Islami ketika Belajar, mengaji, dan bermain
Akibat tidak beradab secaa Islami ketika Belajar, mengaji, dan bermain
·     Berbagi pengalaman ketika belajar dan mengaji
·     Mengamati pemodelan adab ketika belajar dan mengaji
·     Kerja berpasangan tentang adab belajar dan mengaji
·     Menghafal do’a ketika akan belajar dan mengaji
·     Menghafal do’a ketika selesai belajar dan mengaji
·     Bermain dengan TTS
·     Berbagi pengalaman ketika bermain
·     Mengamati pemodelan adab ketika bermain
·     Kerja berpasangan tentang adab ketika bermain
·     Bermain dengan TTS
·     Menjelaskan manfaat berakhlak baik ketika belajar, mengaji, dan bermain melalui diskusi kelompok
·     Mengerjakan LKS
·     Membahas akibat tidak berakhlak baik  
·      
·     ketika belajar, mengaji, dan bermain melalui diskusi kelompok
§     Mengerjakan LKS
·           Menyebutkan adab ketika belajar dan mengaji
·           Menyebutkan adab ketika bermain
·           Menyebutkan do’a sebelum mengaji dan belajar
·           Menyebutkan do’a setelah mengaji dan belajar
·           Menjelaskan manfaat berdab secara Islami ketika Belajar, mengaji, dan bermain
·           Menjelaskan akibat tidak beradab secaa Islami ketika Belajar, mengaji, dan bermain











Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

Individu
Buku paket
Pengalaman siswa
Pemodelan
TTS
LKS
                                                                                                                                                            ......... , …………………
Mengetahui,                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah

_________________                                                                                                  _______________________
NIP.                                                                                                                             NIP

                                                                                                                                        

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About

free counters