Pages

Minggu, 01 Juli 2012

RPP TEMATIK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Tema                                    : LINGKUNGAN
Kelas/Semester                   : I I  ( DUA ) / 2
Alokasi Waktu                    : 5 X 30 menit (1x Pertemuan)
Minggu/Pertemuan ke-       :

A. Standar Kompetensi
1.  Menampilkan nilai-nilai Pancasila          (PKn)
2.  Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga. (IPS)
3.  Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan. ( BI)
4.  Mengapresiasi karya seni rupa. ( Seni rupa )
5.  Mempraktekkan kegiatan jasmani di lingkungan sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang
     terkandung di dalamnya.   ( Penjaskes )
6.  Mampu melafalkan adzan dan iqomah,hafal bacaan qunut dalam sholat dan mampu
     melakukan dzikir dan doa.  ( Fiqih )

B. Kompetensi Dasar
1  Mengenal nilai kejujuran,kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupa sehari-hari.
    PKn)
2.Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga  (IPS)
3. Menyampaikan pesan pendek yang di dengar dari orang lain.  (BI).
4. Mengidentifikasi unsure rupa pada karya seni rupa  ( Seni rupa )
5. Mengikuti rambu-rambu perjalanan di lingkungan sekolah secara beregu dan
    mempraktekkan factor keselamatan, kerjasama dan disiplin.  ( Penjaskes )
6. Melaksanakan dzikir dan doa setelah sholat fardlu.  (Fiqih )
           
C. Indikator
1. Menyebutkan ciri-ciri kejujuran,kedisiplinan,dan senang bekerja dalam kehidupan sehari
     hari.   (PKn)
2. Menyebutkan hak dan kewajiban anggota keluarga  (IPS).
3.  Mendengarkan pesan yang diperoleh dari guru dan menyampaikan kepada orang lain (BI).
4. Mengomentari unsure rupa pada karya seni rupa. ( Seni rupa ).
5. Sosio drama untuk mempraktekkan sikap patuh terhadap rambu-rambu lalu lintas ( 
     Penjaskes )
6.  Hafal doa untuk kedua orang tua. ( Fiqih )

D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri sikap jujur,disiplin dalam kehidupan sehari-hari. (PKn)
2. Siswa dapat menyebutkan hak dan kewajiban anggota keluarga (IPS )
3.   Siswa dapat menyampaian pesan dari guru kepada orang lain. (BI)
5.   Siswa dapat mengomentari karya seni rupa tentang lingkungan  ( SR )
6.   Siswa dapat mempraktekkan sikap patuh terhadap rambu- rambu lalu lintas lewat
      sosiodrama  ( Penjaskes )

E. Materi Ajar:
 Sikap jujur,disiplin dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari,misalnya : pada saat ulangan,mengembalikan uang kembalian yang lebih, mengakui kesalahan dll.
Sikap disiplin dirumah, disekolah  dan di jalan raya. Manfaat sikap jujur dan disiplin serta akibat nya jika tidak bersikap jujur dan disiplin. (PKn,Penjas )
 Membiasakan melaksanakan hak dan kewajiban dirumah,manfaat jika hak dan kewajiban dilaksanakan serta akibat jika tidak melaksanakan hak dan kewajiban. (IPS)
 Menyampaikan pesan yang disampaikan kepada orang lain (BI)
 Doa untuk orang tua (Fiqih)
 Mengidentifikasi hasil likisan (Seni rupa )

F. Metode Pembelajaran
     Penemuan, diskusi kelompok

G. Langkah-langkah Pembelajaran :
1.      Kegiatan awal
a)      Mengajak siswa berdoa bersama.
b)      Mengajak siswa menyanyi lagu Kasih Ibu dikaitkan dengan indikator. ( PKn, BI )
c)      Mengajak siswa berkeliling sekitar mengamati tugas siswa/ortu di sekolah.
d)      Menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan hak dan kewajiban siswa dan ortu.
2.      Kegiatan inti
a.       Meminta siswa mengamati gambar tentang sikap jujur,disiplin dalam kehidupan sehari-
      hari dan hasil  lukisan siswa.
·        Gambar anak menyontek saat ulangan.
·        Gambar anak yang tekun mengerjakan soal.
·        Gambar seseorang mengendarai sepeda motor dengan memakai helm.
·        Gambar seseorang mengendarai sepeda motor tanpa memakai helm.
·        Hasil lukisan siswa tentang lingkungan.
b.      Bertanya jawab tentang makna gambar dan hasil lukisan di atas dengan diskusi secara
klasikal membahas pengalaman siswa  dari gambar tentang sikap jujur dan tidak jujur, sikap disiplin dan tidak disiplin serta mengomentari hasil lukisan.
c.        Guru membimbing siswa untuk menghafal doa untuk kedua orang tua.
d.        Guru menugaskan siswa membentuk kelompok untuk sosio drama mempraktekkan sikap disiplin di jalan raya.
e.       Masing-masing kelompok menerima pesan dari guru tentang hak dan kewajiban anggota keluarga kemudian menuliskan pesan tersebut dalam lembar kertas yang disediakan.
f.        Siswa kembali ke tempat duduk untuk mengerjakan LKS kemudian hasilnya dikumpulkan kepada guru.
g.       Mengajak siswa untuk menyanyikan lagu Murid Budiman.

3.      Kegiatan Akhir
a.       Bersama-sama dengan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
b.      Tanya jawab tentang pemahaman materi yang telah dipelajari selama proses pembelajaran sebagai evaluasi proses dan hasil belajar.
c.       Mengajak siswa untuk berdoa bersama untuk mengakhiri pelajaran.
    
  H. Alat / bahan / sumber belajar    :    
       Alat dan bahan :
·        Gambar anak menyontek saat ulangan.
·        Gambar anak yang tekun mengerjakan soal.
·        Gambar seseorang mengendarai sepeda motor dengan memakai helm.
·        Gambar seseorang mengendarai sepeda motor tanpa memakai helm.
·        Hasil lukisan siswa tentang lingkungan.
·        Peraga rambu-rambu lalu lintas.
·        Hasil karya lukisan.
       Sumber belajar :
·        Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum.
·        Standar Isi Mata pelajaran : PKn, IPS, BI,Seni rupa,Fiqih
·        Buku -buku ajar untuk siswa yang relevan.
·        Lingkungan sekolah.

  I. Penilaian
      1. Produk
2. Performansi
J. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Ketepatan rambu-rambu lalu lintas
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

      2. Performan
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

    3. Lembar Penilaian

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.







  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
 


Mengetahui,                                                      Ponorogo, 30 Juni 2012
Kepala MI ..........................                            Guru Kelas II,




..............................................                          ........................................



0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About

free counters