RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Tema :
LINGKUNGAN
Kelas/Semester : I I ( DUA
) / 2
Alokasi Waktu : 5 X 30 menit (1x Pertemuan)
Minggu/Pertemuan ke- :
A. Standar Kompetensi
1. Menampilkan nilai-nilai Pancasila (PKn)
2. Memahami kedudukan dan peran anggota dalam
keluarga dan lingkungan tetangga. (IPS)
3. Memahami pesan pendek dan dongeng yang
dilisankan. ( BI)
4. Mengapresiasi karya seni rupa. ( Seni rupa )
5. Mempraktekkan kegiatan jasmani di lingkungan
sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya. ( Penjaskes )
6. Mampu melafalkan adzan dan iqomah,hafal
bacaan qunut dalam sholat dan mampu
melakukan dzikir dan doa. ( Fiqih )
B. Kompetensi Dasar
1 Mengenal nilai kejujuran,kedisiplinan dan
senang bekerja dalam kehidupa sehari-hari.
PKn)
2.Menceritakan
pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga (IPS)
3. Menyampaikan
pesan pendek yang di dengar dari orang lain.
(BI).
4.
Mengidentifikasi unsure rupa pada karya seni rupa ( Seni rupa )
5. Mengikuti
rambu-rambu perjalanan di lingkungan sekolah secara beregu dan
mempraktekkan factor keselamatan, kerjasama
dan disiplin. ( Penjaskes )
6. Melaksanakan
dzikir dan doa setelah sholat fardlu.
(Fiqih )
C. Indikator
1. Menyebutkan
ciri-ciri kejujuran,kedisiplinan,dan senang bekerja dalam kehidupan sehari
hari.
(PKn)
2. Menyebutkan
hak dan kewajiban anggota keluarga
(IPS).
3. Mendengarkan pesan yang diperoleh dari guru
dan menyampaikan kepada orang lain (BI).
4. Mengomentari
unsure rupa pada karya seni rupa. ( Seni rupa ).
5. Sosio drama
untuk mempraktekkan sikap patuh terhadap rambu-rambu lalu lintas (
Penjaskes )
6. Hafal doa untuk kedua orang tua. ( Fiqih )
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
menyebutkan ciri-ciri sikap jujur,disiplin dalam kehidupan sehari-hari. (PKn)
2. Siswa dapat
menyebutkan hak dan kewajiban anggota keluarga (IPS )
3. Siswa dapat menyampaian pesan dari guru
kepada orang lain. (BI)
5. Siswa dapat mengomentari karya seni rupa
tentang lingkungan ( SR )
6. Siswa dapat mempraktekkan sikap patuh
terhadap rambu- rambu lalu lintas lewat
sosiodrama ( Penjaskes )
E. Materi Ajar:
Sikap
jujur,disiplin dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari,misalnya : pada
saat ulangan,mengembalikan uang kembalian yang lebih, mengakui kesalahan dll.
Sikap disiplin dirumah, disekolah dan di jalan raya. Manfaat sikap jujur dan
disiplin serta akibat nya jika tidak bersikap jujur dan disiplin. (PKn,Penjas )
Membiasakan melaksanakan hak dan kewajiban
dirumah,manfaat jika hak dan kewajiban dilaksanakan serta akibat jika tidak
melaksanakan hak dan kewajiban. (IPS)
Menyampaikan pesan yang disampaikan kepada
orang lain (BI)
Doa
untuk orang tua (Fiqih)
Mengidentifikasi hasil likisan (Seni rupa )
F. Metode Pembelajaran
Penemuan, diskusi kelompok
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan awal
a) Mengajak siswa berdoa bersama.
b) Mengajak siswa menyanyi lagu Kasih Ibu
dikaitkan dengan indikator. ( PKn, BI )
c) Mengajak siswa berkeliling sekitar mengamati
tugas siswa/ortu di sekolah.
d) Menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan hak
dan kewajiban siswa dan ortu.
2. Kegiatan inti
a. Meminta siswa mengamati gambar tentang sikap
jujur,disiplin dalam kehidupan sehari-
hari dan hasil lukisan siswa.
·
Gambar
anak menyontek saat ulangan.
·
Gambar
anak yang tekun mengerjakan soal.
·
Gambar
seseorang mengendarai sepeda motor dengan memakai helm.
·
Gambar
seseorang mengendarai sepeda motor tanpa memakai helm.
·
Hasil
lukisan siswa tentang lingkungan.
b. Bertanya jawab tentang makna gambar dan hasil
lukisan di atas dengan diskusi secara
klasikal
membahas pengalaman siswa dari gambar
tentang sikap jujur dan tidak jujur, sikap disiplin dan tidak disiplin serta
mengomentari hasil lukisan.
c. Guru
membimbing siswa untuk menghafal doa untuk kedua orang tua.
d. Guru
menugaskan siswa membentuk kelompok untuk sosio drama mempraktekkan sikap
disiplin di jalan raya.
e. Masing-masing kelompok menerima pesan dari
guru tentang hak dan kewajiban anggota keluarga kemudian menuliskan pesan
tersebut dalam lembar kertas yang disediakan.
f.
Siswa
kembali ke tempat duduk untuk mengerjakan LKS kemudian hasilnya dikumpulkan
kepada guru.
g. Mengajak siswa untuk menyanyikan lagu Murid
Budiman.
3. Kegiatan Akhir
a. Bersama-sama dengan siswa menyimpulkan hasil
pembelajaran.
b. Tanya jawab tentang pemahaman materi yang
telah dipelajari selama proses pembelajaran sebagai evaluasi proses dan hasil
belajar.
c. Mengajak siswa untuk berdoa bersama untuk
mengakhiri pelajaran.
H. Alat / bahan / sumber belajar
:
Alat dan bahan :
·
Gambar
anak menyontek saat ulangan.
·
Gambar
anak yang tekun mengerjakan soal.
·
Gambar
seseorang mengendarai sepeda motor dengan memakai helm.
·
Gambar
seseorang mengendarai sepeda motor tanpa memakai helm.
·
Hasil
lukisan siswa tentang lingkungan.
·
Peraga
rambu-rambu lalu lintas.
·
Hasil
karya lukisan.
Sumber belajar :
·
Kerangka
Dasar dan Struktur Kurikulum.
·
Standar
Isi Mata pelajaran : PKn, IPS, BI,Seni rupa,Fiqih
·
Buku
-buku ajar untuk siswa yang relevan.
·
Lingkungan
sekolah.
I. Penilaian
1. Produk
2. Performansi
J. Kriteria Penilaian
1. Produk (
hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Ketepatan rambu-rambu lalu lintas
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performan
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui, Ponorogo,
30 Juni 2012
Kepala MI .......................... Guru Kelas II,
.............................................. ........................................
0 komentar:
Posting Komentar